Melalui program Desa Mandiri Energi Berbasis Mikrohidro berwawasan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat, PPLH-IPB telah ikut menggalakkan penanaman pohon di sekitar dan di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).

Sekitar 7000 pohon dari beragam jenis yang telah ditanam disesuaikan dengan peruntukannya, yaitu pohon penghasil buah dan kayu untuk di luar kawasan dan pohon kehutanan untuk di dalam kawasan TNGHS. Penanaman pohon dengan melibatkan masyarakat Kampung Lebakpicung (Desa Hegarmanah, Kec. Cibeber, Kab. Lebak, Prov. Banten) yang berdiam di sekitar taman nasional. Penanaman pohon ini adalah sebagai bagian dari kewajiban masyarakat setelah adanya Pembangkit Tenaga Listrik Mikro Hidro (PLTMH) yang dibangun di Kampung Lebakpicung atas kerjasama CSR PT. PLN Persero (Pusat) dengan PPLH-IPB, dibawah payung kesepakatan bersama antara PLN dengan Departemen Kehutanan.

Meskipun jika dibandingkan dengan luasan Taman Nasional, 7000 pohon bukan jumlah yang banyak, tetapi hal ini setidaknya merupakan wujud dari komitmen civitas IPB dalam mendukung gerakan penanaman pohon dan menjaga Taman Nasional dari kegiatan konversi peruntukkannya.  Luasan total penanaman pohon yang dilakukan secara pengkayaan ini adalah 33 Hektar, yaitu 27 Hektar di lahan masyarakat di luar kawasan TNGHS dan 6 Hektar di dalam kawasan TNGHS.

7000 pohon akan sangat berarti jika kita mengacu bahwa dalam satu hektar ruang terbuka hijau (RTH) yang dipenuhi pohon besar akan menghasilkan 0,6 ton O2 untuk 1.500 penduduk/hari, menyerap 2,5 ton CO2/tahun (6 kg CO2/batang per tahun, menyimpan 900 m3 air tanah/tahun, mentransfer air 4.000 liter/hari, menurunkan suhu 5o C – 8o C, meredam kebisingan 25 – 80 persen dan mengurangi kekuatan angin 75 – 80 persen. Setiap mobil mengeluarkan gas emisi yang dapat diserap oleh 4 pohon dewasa, dengan tinggi 10 m ke atas, diameter batang lebih dari 10 cm, tajuk lebar, berdaun lebat (Joga, 2009). (yap/ekd/tvn)

Pustaka:

Joga, N. 2009. Arti sebuah pohon. http://aboutinspirasi.blogspot.com/2009/02/arti-sebuah-pohon.html diakses pada tanggal 1 Maret 2010.

Sumber: www.pplh.ipb.ac.id (1 Maret 2010)

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Performance Optimization WordPress Plugins by W3 EDGE

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin